Selasa, 05 Juni 2012

Mewakilkan ijab nikah




Pada saat pertama kali dapat tugas di kota Bekasi, -tepatnya di sebuah KUA Kecamatan- saya  diajak teman yang seorang penghulu untuk mendampingi dia di sebuah acara pernikahan karena saat itu memang aku baru datang dari kampung, yah .. hitung2 mengenal medan dan belajar bagaimana sebuah proses pernikahan mulai A sampai Z.

pada awalnya semua berjalan secara lancar dan normal, namun saat ijab qobul timbul keanehan kenapa yang ijabnya bukan wali si perempuan? malah si penghulu ! sedang si wali sendiri ada dan hanya duduk menyaksikan, karena telah berwakil pada si penghulu dan ia santai saja tatkala si pengulu berkata: " Maaf, karena bapak telah berwakil silahkan bergeser sedikit! atau bapak temui saja para undangan di luar!

Kemudian saya tanyakan alasannya pada teman, dengan enteng di jawab dari dulu juga sudah begitu...
sangat mengecewakan.

Dan hal itu terus jadi fikiran sampai kembali ke tempat kerja, karena selama ini belum pernah menyaksikan seorang penghulu melakukan ijab dalam akad nikah, akhirnya saya coba buka-buka kitab fiqh untuk mengetahui dan mendalami masalahnya, dan akhirnya saya menemukan dalam kita


وقد اتفق الفقهاء على أن كل عقد جاز أن يعقده الانسان بنفسه، جاز أن يوكل به غيره، كالبيع، والشراء، والاجارة، واقتضاء الحقوق، والخصومة في المطالبة بها، والتزويج، والطلاق، وغير ذلك من العقود التي تقبل النيابة.
وقد كان النبي، صلوات الله وسلامه عليه، يقوم بدور الوكيل في عقد الزواج بالنسبة لبعض أصحابه


 yang dijadikan sebagai landasan hukum adalah sebuah hadits nabi SAW


روى أبو داود، عن عقبة بن عامر، رضي الله عنه، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لرجل: أترضى أن أزوجك فلانة؟ قال: نعم
وقال للمرأة أترضين أن أزوجك فلانا؟ قالت: نعم.
فزوج أحدهما صاحبه، فدخل بها، ولم يفرض لها صداقا ولم يعطها شيئا - وكان ممن شهد الحديبية - وكان من شهد الحديبية لهم سهم بخيبر، فلما حضرته الوفاة قال: إن رسول الله صلى الله عليه وسلم زوجني فلانة، ولم أفرض لها صداقا ولم أعطها شيئا، وإني أشهدكم أني أعطيتها من صداقها سهمي بخيبر، فأخذت سهمه فباعته بمائة ألف. وفي هذا الحديث دليل على أنه يصح أن يكون الوكيل وكيلا عن الطرفين.

وعن أم حبيبة: " أنها كانت فيمن هاجر إلى أرض الحبشة، فزوجها النجاشي رسول الله صلى الله عليه وسلم وهي عنده " رواه أبو داود. وكان الذي تولى العقد عمرو بن أمية الضمري وكيلا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم وكله بذلك.
وأما النجاشي، فهو الذي كان قد أعطى لها المهر فأسند التزويج إليه.



Ahirnya saya agak tenang dan dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI ) pun demikian,


Pasal 28
Akad nikah dilaksanakan sendiri secara pribadi oleh wali nikah yang bersangkutan. Wali nikah
mewakilkan kepada orang lain.


Namun dalam kitab kifayatul akhyar bab Kitabunnikah  dikatakan bahwa bila seorang wali dan wakilnya hadir kemudian yang melaksanakan akad si wakil, bukan si wali maka akad tersebut tidak sah.

Oleh karena itu yang paling baik khuruj minal khilaf, artinya si wali menikahkan secara langsung tanpa mewakilkan kepad orang lain bila dia tidak ada halangan. wassalam

 

جديد المكتبة الوقفية